Translate

Sunday 17 June 2012

Indo Evertonian Birthday


Hari ini (18 Juni 2012) adalah hari ulang tahun IndoEvertonian (IE) yang ke 4, dilihat dari usianya yang masih muda sering banyak pertanyaan yang datang, apa yg sudah didapat oleh IE ? atau apa yg sudah didapat dari mendukung Everton?

Jawabannya, jujur memang tidak menyenangkan, tetapi bukan jawaban langsung seperti itu yang mampu menggambarkan perasaan kita, jawaban yang kita berikan tidak akan mampu dicerna langsung oleh para non Evertonian, bahkan tidak sedikit anggota Evertonian yang dilecehkan karena dukungannya.

Apa yang membuat kita tetap bertahan mendukung Everton? Apa juga jawabannya sama dengan, Tony Hibbert yang dr awal berkarir bermain bola tetap di Everton, Apakah mungkin juga jawabannya sama dengan Wayne Rooney yang walaupun  sudah pindah klub bahkan tidak sedikit yg mencapnya sebagai penghianat, tetapi hatinya selalu mendukung Everton, mungkin juga jawabannya sama dengan sang Landon Donovan yang hanya bermain beberapa bulan sebagai pemain pinjaman tetapi dalam waktu dekat itu terlihat jelas sekali betapa dia mencintai Everton.

Apakah juga jawabannya sama dengan Moyes,sang arsitek Everton, yg selama 10 tahun ini belum mampu membawa satupun trophy untuk Everton, tetapi dengan keadaan financial Everton yang "kere"dia mampu membawa Everton menjadi tim disegani , bayangkan dengan uang pas-pas an dia mampu finished ke 7. Kita sering dengar, Moyes the next Ferguson in United bahkan yang sedang santer saat ini adalah Moyes diisukan akan  menggantikan Redknapp yg hengkang dr spurs, tapi seperti kita ketahui sendiri Moyes terlihat stabil dan berambisi di Everton walaupun mungkin dalam hatinya dia selalu jengkel dengan Bill Kenwright yang selalu kesulitan  memberikan dana yang dia inginkan.

Apa yg membuat Moyes, dan kita bertahan sebagai Evertonian?, mungkin jawaban dari Joe Royle yang mengutip penyataan dari Alan Ball,yakni “Once Everton has touched you, nothing will be the same” adalah benar.

Yah, kita bisa merasakan dalam hati  kita yg dalam, suka duka menjadi Evertonian, kita Bisa merasakan arti The People Club yang sering mereka lecehkan., karena mereka tidak mampu merasakan ini, mungkin mereka pikir The People Club hanyalah jumlah massa pendukung, pendukung Eveton asli mampu merasakan apa arti The People Club sebenarnya, dimana kita bisa merasakan suatu ikatan erat kekeluargaan didalam ruang lingkup klub Everton, Everton dan IndoEvertonian adalah keluarga ke dua kita, inilah yg kita rasakan.

Indo Evertonian adalah fans berbasis massa kecil yang kalau nobar bisa terhitung jari yang datang di tiap regionalnya, Fact!!, tetapi IE telah mampu mengoperkan arti sebenarnya Everton sebagai The People Club, keluarga kecil ini telah mampu bertahan dan tidak silau terhadap klub –klub mentereng yang gegap gempita dalam perebutan thropy premiere league atau Champion atau dan lain sebagainya.., bersama dengan Evertonian lainnya di dalam Indo Evertonian kita mampu mengangkat dagu “ Saya adalah Evertonian”, “ Saya fans Everton !!”

Tetapi perjalanan IE tidak semudah itu, banyak tantangan yang datang dan akan datang, Bagi para senior yang berada di IE bisa meraksan betapa sulitnya membangun komunitas ini, karena jarang pendukungnya, sulitnya regenerisasi dan menyatukan pendapat para Evertonian merupakan tantangan utama saat ini.

Untuk para Evertonian di Indonesia marilah bersatu jangan terpecah, keep the faith, jumlah kita mampu dihitung jari, tapi hati dan kecintaan kita tidak akan mampu ditulis oleh ribuan kata-kata.

Happy Birthday Indo Evertonian .. God Bless all of us ..


@anatama

No comments:

Post a Comment