Translate

Wednesday 13 June 2012

Gordon West Tembok Beton Everton era 60-an



" Berita Duka kembali terdengar pada tanggal 10 juni yang lalu. Everton Kehilangan Legenda Sekaligus Pahlawan yang pernah menjaga Mistar Gawang pada era 60-an. dialah Gordon West.Meninggal pada usia 69 tahun "



Gordon West

Nama Gordon West mungkin begitu asing di telinga para Evertonian generasi saat ini. tapi bagi para Evertonian yang tumbuh pada masa kejayaan Everton di era 60-an nama Gordon West selalu dielu-elukan para Evertonian di tribun Gwladys stadion Goodison Park. dialah tembok terakhir pertahanan Everton disaat Gempuran para Striker Musuh datang
      
Lahir di Darfield,South Yorkshire inggris Gordon West memulai karir sepak bolanya di klub Barnsley sebagai seorang Bek. Barulah ketika menjalani Trial di klub Blackpool Gordon West memutuskan untuk menjadi seorang penjaga gawang . memulai debutnya bagi Blackpool pada usia 17 tahun. Gordon West total bermain bagi Blackpool sebanyak 33 penampilan. pada Maret 1962 Gordon West Hijrah ke Everton dan memecahkan rekor transfer untuk penjaga gawang di Brittania pada waktu itu sebesar  27.000 Pounds. Bergabung Everton,Gordon West langsung menjadi Penjaga gawang utama menggantikan Albert Dunlop pada musim pertamanya bersama Everton,Gordon West langsung mempersembahkan gelar Liga musim 1962-63. Sebelas Musim Berseragam Everton Gordon West Juga mempersembahkan gelar Piala FA 1966 dan Gelar Juara liga kembali pada musim 1969-70 dimana dia membuat total Clean Sheet sebanyak 21 dan masih menjadi rekor Clean Sheet terbanyak klub dalam satu musim hingga saat ini.

Karir di Timnas inggris Gordon West berbanding terbalik dengan di Klub,dia hanya tampil dalam 3 kali penampilan bersama Timnas inggris.dia bahkan tidak diikut sertakan skuad inggris pada piala dunia 1970 karna alasan keluarga. 399 penampilan telah dia jalani bersama Everton. Gordon West memutuskan untuk pensiun pada 1973. namun 3 tahun setelah dia pensiun,Gordon West membuat keputusan mengejutkan,ia memutuskan kembali bermain sepak bola dan bergabung dengan salah satu Klub di Merseyside yaitu Tranmere Rovers selama 3 tahun dan menjalani 17 kali penampilan bersama The Rovers. Tahun 1979 dia benar benar pensiun dari sepak bola untuk selamanya.

Setelah pensiun dari sepak bola Gordon West tinggal di Brighton-le-sands,Merseyside bekerja pada sebuah perusahaan sebagai kepala keamanan dan masih diundang sebagai pembicara pada acara gala Dinner Everton. sampai dia Meninggal Dunia akibat penyakit Kanker pada 10 juni silam. Gordon West meninggalkan seorang istri : Linda dan 2 orang anak : Stephen dan Mark.


"The world. After football though, for 30 years, I was nobody. That might sound daft but until the Everton Former Players' Foundation came about, I was nobody. Now I feel somebody again and my life is so different. In the 1970s players didn't rule the world and when you finished football you were finished, forgotten. The Foundation have made me a new man. They came in, they put my new knee in because I couldn't walk and couldn't afford the operation, I've had new windows, they've looked after my health... they've been fantastic. I've always got somewhere to turn." - Gordon West
         
-Great man, Great Evertonian. God bless you Gordon, never to be forgotten-


---------------------------------------------------------------


                         
Penulis :  Muhammad Rezza Tantowi




















No comments:

Post a Comment