Translate

Saturday 9 June 2012

Indo Evertonian BackGround



Latar Belakang:
IndoEvertonian adalah sebuah fans base Everton FC yang berlokasi di Indonesia, 
Misi IndoEvertonian (IE) adalah mempoersatukan semua fans Everton FC didalam suatu kesatuan dan Tujuan dari IndoEvertonian (IE) adalah mendapatkan pengakuan resmi untuk menjadi Fans Base Resmi Everton FC di Indonesia.

Sejarah:
IndoEvertonian terbentuk dan berkembang mengikuti era perkembangan social media di internet, Cikal bakal kelahiran IndoEvertonian adalah sebuah grup yang dibentuk oleh Prasetya A di social media Friendster, di Friendster inilah beliau menemukan beberapa fans Everton lainnya di sana, dan berusaha untuk mengumpulkan mereka satu demi satu. Dari social media yang satu ini bertemulah para founder IE lainnya diantaranya Ersyadi Taufik dan Eko Rifky. Dan mulailah  dibentuk kesepakatan tidak tertulis bahwa menyatukan para fans Everton di Indonesia harus tetap dilakukan.

Menyesuaikan perkembangan social media yg sedang ”IN” saat itu, maka dibuatlah group email atau mailing list yang bernama Indoevertonian@yahoogroups.com untuk menggantikan era Friendster yang sudah ”habis”, mailing list IE ini, saat ini masih ada tetapi sudah mati suri. Tetapi dari sini jugalah mulai berdatangan para fans Everton, dan mulailah bermunculan para Evertonian yang membantu perkembangan Indo Evertonian, semacam Andy Amin dan lain-lain, oleh karena itu ditetapkan bahwa kelahiran IE adalah 18 Juni 2008 yakni saat dibentuknya mailing list IE.

Perkembangan zaman dan kemajuan social media, membuat para fans Everton di Indonesia menyadari bahwa mereka tidak sendiri dalam menyukai dan mencitai Everton, ada orang lain disana dan perkumpulannya yang siap untuk saling bertukar pikiran dan sharing tentang klub yang mereka cintai tersebut. Kebersamaan para fans Everton di Indonesia ini terus berkembang sejak dibuatnya group Facebook dan juga account @IndoEvertonian di twitter.

Pertemuan di dunia maya ini terus berlanjut ke dunia nyata, seperti acara-acara nonton bareng (nobar) dan pertemuan-pertemuan lainnya, IE telah menyatukan para individu-individu yang sehati ini menjadi saudara bahkan tidak sedikit yang menjadi teman dekat sampai saat ini. Hal ini dapat dimaklumi karena fans Everton di Idonesia adalah sangat jarang, orang-orang lebih memilih menjadi fans United, arsenal dan lainnya, dan hal inipula lah yang membuat perkembangan IE sebagi fans Everton di Indonesia berjalan sangat lamban.

IndoEvertonian adalah fans minoritas yang ada di Indonesia. Tapi dengan menjadi minoritas ini kekeluargaan dan keyakinan kita lebih kuat,  kesamaan keyakinan ini membuat para fans Everton di Indonesia menjadi seperti saudara.
  
Twitter: https://twitter.com/IndoEvertonian