Translate

Thursday 9 August 2012

I predicted a riot and it happened

Tony Hibbert's Testimonial Match Everton v AEK 8/8/2012: I predicted a riot and it happened...
---------------------------------
By Danudyo Bimantoro



Anthony james hibbert, mungkin sebagian besar pecinta sepakbola asing dengan nama pemain ini dia adalah right back everton fc, umurnya sudah 31 tahun, bermain untuk everton sejak berusia 10 tahun (academy), terhitung dikontrak profesional sejak tahun 2000 tetapi belum pernah mencetak goal. Sampai saat ini dia memegang rekor pemain everton yg paling sering tampil di kompetisi eropa. Dia juga merupakan salah satu pemain everton favorit saya utk saat ini, teman-teman saya pun tahu kalau saya ngefans berat dgn dia hehe

Pertandingan ini merupakan pertandingan yg spesial bagi hibbo, karena ini merupakan testimonial bagi dia dan pre season pertama Everton di Goodison park. mungkin pada waktu itu orang-orang lebih tertarik dengan friendly match mu vs barca yg disiarkan tv lokal tetapi saya sebagai evertonian pastinya lebih memilih utk menonton pertandingan ini dgn live streaming karena tidak ada yg menyiarkan. kebetulan waktu itu juga saya yg bertugas ngadmin twitter  indoevertonian karena admin yg lain sepertinya sudah tertidur.

Dengan bermodalkan modem usb berkuota penuh dan signal strenght yg baik saya pun dengan sabar menunggu kick off pertandingan sejak pukul 10 malam, tidak banyak yg saya lakukan ketika menunggu kick off pertandingan ini mungkin hanya sekedar me-Retweet beberapa info yg berkaitan dng pertandingan ini.

Sekitar pukul 1:40 wib link streaming sudah dapat diakses dengan lancar, terlihat pemandangan stadion goodison park sebelum kick off dimulai, rupanya higher stand di setiap sudut tidak terisi penuh dan terlihat banyak bangku kosong di bullens road dan goodison road, tetapi ke-dua stand di belakang gawang (park end dan gwladys street) terlihat penuh sesak, atribut royal blue terlihat disana dan sebagian yg lain berpakaian casual, banneryg bertuliskan "hibbo scores we riot" dapat ditemukan.

Diantara mereka bahkan advertising board disekeliling lapangan pun turut 'memeriahkan suasana'dengan membuat display #HSWR lengkap dengan foto tony hibbert. sekelompok kecil fans AEK yang datang jauh-jauh pun terlihat tetap semangat memberikan dukungannya. sungguh beruntung saya dapat menonton pertandingan ini melalui streaming dengan lancar sehingga suasana Goodison park dapat dilihat walaupun komentator dan display text nya berbahasa yunani.

Uniknya kali ini di goodison park lagu "I predict a riot" milik kaiser chiefs dikumandangkan melalui pengeras suara disana, tentunya hal ini dapat menambah kemeriahan pertandingan ini. walaupun kita ketahui bahwa anggota band kaiser chiefs merupakan fans leeds united.


Ya akhirnya waktu kick off segera dimulai para pemain dari kedua kubu keluar, tentunya tony hibbert kali ini mendapat sambutan yg sangat meriah dari kedua tim baik pemain,staff dan fans yg hadir disana, dia juga menjadi kapten pada pertandingan ini. 


Pertandingan pun dimulai baru 48 detik berjalan steven naismith pemain yg baru bergabung dengan everton di musim panas ini sudah mencetak gol, beberapa menit kemudian AEK menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui fountas. pertandingan ini berjalan cukup menarik.



Steven naismith sempat melalukan dribbling ke arah gawang AEK dan terjatuh setelah kontak body dengan defender AEK tetapi wasit tidak menunjuk titik putih, penonton pun sempat tegang karena mungkin hibbo yg akan mengeksekusi apabila terjadi penalty kick :)



Kerjasama passing pendek diperagakan para pemain Everton dan tentunya duet baines dan pienaar disisi kiri yang terlihat api, tidak lama kemudian steven naismith membuat everton kembali unggul melalui headernya hasil kerjasama crossing dari steven pienaar.



Darron gibson digantikan oleh fizzer di menit ke 21.



Pertandingan berjalan cukup seru tony hibbert kembali membuat tegang penonton karena sempat melepaskan tendangan ke arah kiper dari luar kotak penalty tetapi masih dapat ditepis dan menghasilkan corner kick. penonton memang sangat mengharapkan tony hibbert pada pertandingan kali ini #HSWR



Ternyata kemelut gawang hasil dari tendangan ini berujung pada hattrick steven naismith.



Setiap kali hibbo sedang menggiring bola ke arah gawang secara spontan para penonton meneriakkan "shooooot..."



kedua tim melancarkan beberapa serangan, tetapi sampai babak pertama berakhir skor tetap bertahan 3-1.
ketika istirahat menjelang babak ke-dua terdengan kembali lagu "I predict a riot" , sepertinya publik disana memang bersiap-siap apabila terjadi riot.



Babak ke-dua dimulai kiper utama everton tim howard digantikan oleh jan mucha yg sempat dikabarkan menghilang sebelumnya hehe, steven naismith juga keluar digantikan oleh seamus coleman.



Awal pertandingan babak ke-2 berjalan cukup seru, baru sekitar 7 menit berjalan atau di menit 52 seorang pemain everton dilanggar diluar kotak penalty, hhmm waktu itu saya bingung antara mau update tweet atau melihat hingga free kick beres di eksekusi, tetapi saya memiliki perasaan yg lain sepertinya ini adalah awal dari 'riot' itu, sebuah penantian panjang, mungkin 



Ini memang bukan hal yg penting bagi sebuah klub, ini hanya pertandingan persahabatan, tetapi tidak peduli mungkin dimenit-menit ini sejarah akan tercipta, bagi tony hibbert tentunya.



Terlihat 3 pemain bersiap melakukan tendangan, ada baines,pienaar dan tony hibbert. perasaan saya waktu itu semakin kuat bahwa gol hibbo yang ditunggu-tunggu akan terjadi.



ternyata benar, akhirnya gol itu terjadi, tendangan datar dari jarak 25 yard masuk ke gawang AEK disudut Gwladys Street.

Hibbo pun merayakan golnya bersama rekan setimnya, terlihat penonton bergembira saya pun tertawa lepas didepan komputer hingga dimarahi anggota keluarga saya yg masih tertidur hehe. dan benar apa yg terjadi PITCH INVASION! ini merupakan momen yg cukup langka, sekitar 1000 fans merangsek ke tengah lapangan larut dalam kebahagiaan perayaan gol hibbo, mungkin atmosfirnya hampir mirip ketika terjadi di tahun 1998 ketika pertandingan terakhir melawan coventry city everton lolos dari jurang degradasi.


Tetapi in hanya pertandingan persahabatan biasa, ya benar! tetapi apabila hibbo yg mencetak gol itu yg membuat penonton melakukan invasi ke tengah lapangan. karena memang sejak 2009 jargon "hibbo scores we riot" sudah 'dijanjikan' oleh evertonian, dan ini terjadi pada pertandingan spesial ini. dan evertonian pun memenuhi janji itu untuk 'riot' apabila hibbo mencetak gol


pertandingan sempat dihentikan beberapa saat, karena banyak penonton masuk ke lapangan tetapi tidak ada aksi anarkis disana.mereka hanya merayakan gol hibbo yg sudah dinantikan.



kini Everton menjadi unggul 4-1



Pertandingan pun kembali dilanjutkan, banyak pemain pergantian pemain yg terjadi, masih ada serangan yg cukup membahayakan dari kedua tim tetapi sampai pertandingan mau berakhir skor masih 4-1.



1 menit menjelang pertandingan usai tony hibbert keluar lapangan untuk mencegah 'riot' lagi



dia berjalan keluar lapangan dengan sambutan meriah (standing ovation)



dan akhirnya pertandingan usai, hibbo sukses mencetak gol pertamanya walau ini hanya pertandingan persahabatan




"oh I predicted a riot, and it really happened"




Starting Line Up:

Everton: Howard, Hibbert, Baines, Distin, Heitinga, Gibson, Osman, Pienaar, Fellaini, Jelavic, Naismith

Subs: Mucha, Rodwell, Neville, Gueye, Barkley, Coleman, Anichebe, Vellios, Duffy

AEK: Konstantopoulos, Kontoes, Fernandez, Sialmas, Rikka, Pavlis, Tsamourlidis, Arkoudas, Iagos, Fountas, Bougaidas

AEK subs: Arampatzis, Tsitas, Papadimitrou, Vlachos, Kotsaridis, Matentzidis, Agyiriba, Kourelas, Grontis, Stamatis

Ref: Lee Mason

Attendance: 17, 508


---------------------------------------------------------------



Penulis :  Danudyo Bimantoro

1 comment:

  1. Ga tau knp yah,kok seperti nya terlihat sudah diatur. Gw harap sih pure fair goal..#HSWR

    ReplyDelete