Translate

Wednesday 24 April 2013

Match Review : Sunderland buyarkan asa ke Eropa

Sunderland 1-0 EVERTON
Stadium of Light | 20 April 2013 21:00WIB | Attendance - 44614
Sessegnon 45'


Harapan Everton menuju Eropa khususnya UCL telah sirna dan merupakan pukulan serius oleh Sunderland yang telah bangkit kembali dari keterpurukan.

Pelatih Baru The Black Cats Paolo Di Canio langsung mendapat pujian setelah kemenangan atas rival mereka Newcastle United dan menciptakan suasana gempita di Stadium of Light.

Pelatih lincah asal Italia itu jelas telah mengerjakan pekerjaan rumahnya pada The Blues juga, dan mengatur timnya untuk mengusik rekor The Toffees yang selalu bagus jika bersua Sunderland.

Victor Anichebe
Anichebe mencoba menguasai bola

Taktik mereka telah terbukti merepotkan barisan pertahanan Everton danserangan mereka yang cukup dominan sebelum akhirnya Stephane Sessegnon mencetak gol pada akhir babak pertama memanfaatkan bluder kesalahan passing barisan pertahanan the Toffees menendang pelan terarah dan melewati Tim Howard.

Everton bertamu ke markas 'Mackems' tanpa Phil Jagielka di jantung pertahanan tetapi Leon Osman telah kembali setelah cedera pangkal paha, dan sempat absen saat laga midweek lawan Arsenal. Dan dari peran lini tengah cukup menjanjikan Ossie mencoba membuat peluang langka dan sempat membuat fans tuan rumah terdiam dengan percobaan shootnya ke gawang Simon Mignolet namun masih belum tepat sasaran.

Permaian Black Cats dan strateu Manajer baru Paolo Di Canio mampu mengambil alih jalanya pertandingan. Mereka tajam dalam serangan dan agresif dalam pertahanan, selalu menghentikan serangan dan umpan ball trough para pemain Everton untuk membuat peluang.

Kemudian Howard harus melakukan penyelamatan baik dari tendangan Danny Graham setelah pengganti Jags yaitu John Heitinga dilewatinya, di kubu The Blues sendiri tercipta beberapa peluang dari Marouane Fellaini yang hampir menyundul umpan silang Kevin Mirallas di tiang gawang terdekat lawan.


Fellaini berduel dengan bek Mackems

Sebastian Larsson mendapat peluang pertama dari tiga upaya di babak pertama melalui tendangan bebas namun upayanya masih dpat digagalkanpara pemain Everton. Upaya dari bola mati pemain asal Swedia yang ditunjuk sebagai set-piece S. Larsson kembali tiba pada menit 40 ia melakukan Free Kick yang hanya melebar sedikit dari gawang kiri Howard.

Yang berikutnya adalah free kicknya yang lebih dekat dengan kotak 12 pas namun Kiper asal USA mampu menepis upaya tendangan bebas Larsson.

Tapi sangat disayangkan kiper asal Amerika itu tidak bisa menepis tembakan Sessegnon beberapa detik setelah free kick tadi dengan tembakan rendahnya menemukan sudut gawang setelah umpan passing ceroboh dari Leighton Baines kepada Osman mampu dipoton Sessegnon.

Dibabak kedua manajer David Moyes memasukkan Nikica Jelavic yang menggantikan Darron Gibson untuk menambah serangan tetapi tim tuan rumah tidak menunjukkan kelengahannya dan malah membuat peluang lagi lewat Danny Rose melaju upaya overlapping bek kiri Sunderland itu mencoba merangsek maju dan membuat long shoot, namun masih melebar.

Akhirnya Everton mulai menunjukkan beberapa peluang dari sudut dalam di daerah lawan Mirallas menemukan Jelavic dan memberikan umpan memasuki menit 10 babak kedua, pemain asal Kroasia mengarahkan tendanganya ke gawang lawan namun masih jauh dari target.

Dia membuat perbedaan meskipun dan kesempatan lagi namun masih melayang lebar dari umpan terarah Fellaini. The Blues mencoba membuat ancaman dari Anichebe menembakkan bola ke gawang Mignolet namun mampu di antisipasinya.

Kemudian Manajer Moyes mengganti pemain dua sekaligus, memasukkan Steven Naismith dan Ross Barkley dengan mengganti Osman dan Anichebe, yang terlihat permainan mereka kurang terlihat efektif.

Dimana pergantian itu diakukan 10 menit jelang berakhirnya babak kedua, momen pergantiian pemain yang cukup langka deiterapkan Manajer asal Skotlandia itu, dengan dua pemain sekaligus.


Moyes menginstruksikan para pemainnya

Jelang injury timw Larsson panik dan meberi umpan back-pass dari lapangan tengah sang kiper Mignolet terpaksa menangkapnya dalam daerah gawang untuk mencegah gol terjadi.

Sebuah kartu kuning diberikan untuk kiper timnas Belgia itu akibat enangkap bola backpass, Everton menapat tendangan tidak langsung dengan jarak 12 meter. Dengan setiap pemain ada di gawang Sunderland kecuali Howard tetap di dalam areanya, namun free kick Baines mampu 'diblokir tembok pertahanan Sunderland.

Hingga dimenit menit-menit akhir Howard kembali membuat penyelamatan dari tendangan terarah Adam Johnson yang amampu melewati bek The Toffees tinggal berjadapan dengan Kiper USA itu. Kemudian Jelavic mengklaim penalti namun wasit tak menggubris, dimana Bek lawan Danny Rose menarik lengan Jelavic dan membuatnya terjatuh ketika akan mendapat umpan dan Moyes pun mempertanyakan kebijakan official.


Hingga peluit akhir berbunnyi Everton tidak mendapatkan peluang yang berarti dan kekalahan away dari Suderland menghentikan asa ke Erupa musim depan. Faktor kelelahan pemain dan beberapa pemain mengalami cedera dan tidak fit menjadikan kekonsistenan The Blues dipertanyakan. Jagielka mengalami cedera ankle beberapa jam jelang tandang ke daerah Tyne Wear, lalu Gibson ditarik di babak kedua karena cedera dan Anichbe tak mampu tampil penuh karena cedera. Manajer DM sendiri telah mengakui bahwa harapan ke Eropa telah tertutup namun tim akan tetap berjuang menyapu laga tersisa dan mencoba finsh kelima untuk mendapat jatah UEL. #KEEPTHEFAITH #COYB #ETWD

STARTING LINE UP

Starting Line Up Kedua tim

TEAMSHEET #SUNEVE

Susunan Pemain Kedua Tim

MATCH STATS

Match Stats




MATCH VIDEO :




No comments:

Post a Comment