Translate

Friday 7 December 2012

PREVIEW: Everton vs Tottenham Hotspur



Everton pada matchday ke 16 ini akan menjamu klub asal kota London, Tottenham Hotspurs. Laga yang semula akan dilaksanakan pada hari Sabtu ini harus ditunda karena Spurs harus bermain di Europa League ini mempertemukan tuan rumah yang kini menduduki posisi 6 sementara dengan 23 poin dari hasil 5 kali menang, 8 seri dan 2 kali kalah sedangkan tim tamu bertengger di posisi 4 dengan 26 poin dari 8 kali menang, 2 seri dan 5 kalah. Kemenangan pada pertandingan akan sangat mempengaruhi perebutan posisi di zona Liga Champions  untuk musim depan.

Apabila dilihat dari rekor pertemuan, Spurs adalah salah satu lawan yang tangguh dimana ketika era Premier League dari 40 pertemuan The Toffees hanya mampu memenangi 7 laga (40 match 7 win 14 draw 19 lose). Namun pada 9 pertemuan terakhir keduanya mempunyai catatan yang seimbang, 3 menang, 3 seri dan 3 kalah dibagi rata antara 2 tim. 
Kevin Mirallas yang cedera dan tidak bermain ketika melawan Arsenal dan Manchester City diprediksi telah fit dan akan diturunkan. Yang absen hanya kapten Phil Neville dan Victor Anichebe yang masih dalam proses pemulihan cedera. Dengan absennya Phil Neville maka Phil Jagielka akan kembali memakai ban kapten. Berbeda dengan tuan rumah yang tidak terlalu dipermasalahkan oleh problem cedera, Spurs malah harus kehilangan Gareth Bale yang mengalami cedera hamstring ketika melawan Fulham pekan lalu. Bale diprediksi harus absen selama 2 pekan. Scott Parker dan Benoit Assou Ekotto pun tidak dapat memperkuat Spurs kira kira sampai awal 2013. 


Dengan kondisi skuad yang lengkap, David Moyes kemungkinan besar akan menurunkan formasi dan starting line-up yang ideal terutama apabila Mirallas dapat merumput kembali, posisi right-flank yang diisi Steven Nismith kemungkinan akan diisi SuperKev.
Sedangkan untuk The Lily Whites, AVB nampaknya akan menerapkan strategi dan formasi yang berbeda dengan formasi ketika melawan Panathinaikos yaitu 4-4-2 dan lebih memilih pakem 4-2-3-1. Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Bale, AVB kemungkinan akan menugaskan Dempsey dan pos di belakang Jermain Defoe bisa diisi oleh Sigurdsson atau Adebayor. 
Pertandingan kedua tim akan berlangsung seru. Everton yang dalam 6 pertandingan terakhir hanya mengalami sekali kalah, sekali menang dan sisanya seri harus menghadapi Spurs yang 3 pertandingan terakhir meraih 3 poin setelah 3 pertandingan sebelumnya selalu kalah. Kedua tim pun memiliki produktitas gol yang lumayan baik, EFC dengan 25 gol (1,7/match) dan THFC 28 gol (1,9/match). Tim tamu lebih mengandalkan umpan-umpan terobosan, skill individu dan tendangan dari luar kotak penalty sedangkan tuan rumah seperti biasa akan bermain passing di opposition half dan serangan dari sayap terutama sayap kiri dimana Pienaar dan Baines akan kembali bahu membahu menciptakan peluang. 

Secara keseluruhan saya melihat Everton dapat meraih kemenangan pada partai kali ini. Faktor Goodison Park dan kembalinya Darron Gibson menjadi factor utama. Penampilan apik selama 2 match terakhir ketika melawan Arsenal dan City kemungkinan akan kembali terulang, terlebih lagi Spurs baru berlaga di Eropa dan Gareth Bale kemungkinan absen. Everton saya jagokan menang dengan skor 2-1. Nil Satis Nisi Optimum. 

Prediksi Line-Up :
Everton : Tim Howard; Tony Hibbert, Phil Jagielka, Sylvain Distin, Leighton Baines; Kevin Mirallas, Leon Osman, Darron Gibson, Steven Pienaar; Marouane Fellaini; Nikica Jelavic.
Tottenham Hotspurs : Hugo Lloris; Kyle Naughton, William Gallas, Steven Caulker, Jan Vertonghen; Sandro, Moussa Dembele; Aaron Lennon, Gylfi Sigurdsson, Clint Dempsey; Jermain Defoe.

Match Facts:
·         Laga Everton vs Spurs di Goodison Park 2 musim terakhir dimenangkan oleh Everton
·         5 pertandingan terakhir Everton belum pernah kalah oleh Spurs d Goodison Park. 2 menang dan 3 seri.
·         3 pertandingan terakhir Everton berakhir dengan skor yang sama 1-1
·         Berbeda dengan Everton yang punya catatan 8 kali seri, Spurs belum pernah merasakan seri di 12 pertandingan terakhir.
·         EFC tetap menjadi tim terproduktif di BPL dalam hal menciptakan gol di babak pertama dengan persentase 68%

·         EFC juga menjadi tim yang peluangnya membentur tiang terbanyak di liga, 13 kali.
·         Shot on target EFC sampai matchday terakhir adalah 96. Terbanyak di BPL.
·         Pertandingan ini akan menjadi duel keempat AVB vs David Moyes dengan skor sementara 2-1 untuk AVB. Ketika itu AVB masih manjadi manajer Chelsea.

·         Pertemuan pertama kedua tim terjadi di Goodison Park, 103 tahun yang lalu dengan kemenangan 4-2 bagi tuan rumah. 
·         999 gol telah diciptakan Everton selama era Premier League. Gol berikutnya akan menjadi gol ke 1000 Everton di Premier League.

1 comment:

  1. Kekuatan 2 tim skrg cukup berimbang...everton diuntungkan krn sbg tuan rumah dan tenaga pemain yg lebih fresh krn tdk bermain di pentas eropa...saya memprediksikan skor akhir imbang, mungkin 0-0 atau 1-1
    *) Both of them are my BPL favourite team...ganbatte kudasai

    ReplyDelete